ketagihan

Kata yang satu ini bisa bermacam-macam rupanya. Banyak hal negatif terkait. Yang paling dikenal misalnya ketagihan alkohol dan ketagihan obat-obatan terlarang. Tapi kata “ketagihan” juga bisa bermakna positif. Misalnya seperti ketagihan yang saya alami sejak beberapa tahun terakhir ini. Merajut. Knitting.

Sejak saya bisa merajut sekitar 7-8 tahun yang lalu saya merasa semakin hari semakin ketagihan untuk belajar lebih banyak tentang kegiatan yang satu ini. Ingin belajar hal-hal baru mengenainya. Tentu hal-hal baru bagi saya. Bagi orang lain yang sudah jago merajut pasti bukan hal baru lagi.

Tapi toh kegiatan merajut saya sempat mandeg sekitar 2 tahun lamanya tidak lama setelah saya mulai bisa merajut. Sekarang kegiatan yang satu ini begitu menagih. Saya ketagihan. Apalagi di musim dingin begini tak banyak yang bisa saya lakukan di luar rumah. Khususnya kegiatan kesayangan saya: berkebun. Uhmm.. saya membayangkan saat musim semi dan musim panas datang nanti. Saya membayangkan duduk di kursi kebun di pelataran kebun belakang, merajut ini dan itu. Nikmatnya.

Terakhir kali saya posting tentang kegiatan merajut ini terjadi di bulan november tahun lalu. Tentang usaha membuat selop rajut sederhana. Setelah itu saya mencoba membuat kaos kaki versi serius. Maksudnya yang juga melibatkan teknik rajut untuk bagian tumit. Saya menemukan satu pola rajut kaos kaki yang sederhana. Polanya mudah diingat. Setelah sepasang kaos kaki dari pola ini selesai saya kerjakan, saya berkesimpulan bahwa pola sederhana ini mudah juga dimodifikasi. Tapi saya belum punya waktu untuk membuat sepasang kaos kaki baru dengan memodifikasi pola tersebut.

IMAG0340-edited

IMAG0342-edited

Mmmm… sebenarnya ketika mencoba membuat sepasang kaos kaki yang sekarang sudah jadi itu saya sudah melakukan modifikasi kecil-kecilan. Pola yang diberikan adalah pola untuk ukuran kaki perempuan dewasa dengan ukuran sepatu 38-40. Sedangkan saya merajut kaos kaki itu untuk suami saya. Ukuran sepatu dia 46! Jadi saat saya merajut bagian telapak kaki, barisnya saya tambah 10. Pola aslinya menginstruksikan tusuk stockinette sebanyak 50 baris. Saya membuatnya jadi 60 baris. Dan alhasil kaos kaki itu benar pas ketika dikenakan oleh suami saya. Warnanya? Sama seperti warna selop rajut sederhana tempo hari. Jambon pastel. Dua-duanya favorit dia.

IMAG0352-edited

* * * * * * *

Leave a Reply

