selop rajut sederhana

Sampai dengan akhir oktober kemarin ini saya belum pernah membuat selop kamar dengan teknik rajut dengan dua jarum (knitting). Walaupun keinginan sudah ada sejak lama. Bahkan sampai sudah mencari dan mengumpulkan beberapa pola rajut sederhana selop kamar dari dunia maya. Tapi masih aras-arasan dalam Bahasa Jawanya. Dan baru awal  november lalu saya akhirnya mewujudkan keinginan itu.

Pola rajut selop kamar yang saya buat ini benar-benar sederhana dan mudah. Hanya berupa empat persegi panjang yang nyaris bujur sangkar dan semuanya dirajut dengan cara tusuk knit (Ingg.: knit stitch). Hasil akhirnya adalah rajut garter (Ingg.: garter stitch). Benangnya menggunakan benang rajut untuk jarum 4 mm. Seharusnya jarumnya juga 4 mm. Tapi saya tidak punya. Jadi saya pakai jarum 5 mm. Tidak terlalu banyak beda kecuali sedikit renggang. Tapi ah… cuma selop kamar. Dan ini juga untuk percobaan.

O ya, ukuran kaki saya 39. Si pembuat pola menginstruksikan untuk membuat 28 tusuk awal (Ingg.: cast on) untuk kaki perempuan dewasa 37-41. Tapi dasar saya keras kepala, saya nggak percaya kalau dengan jumlah segitu si calon selop kamar akan muat di kaki saya. Jadi saya bikin 32 tusuk awal. Dan mulailah saya merajut dengan teknik rajut garter. Jadi bolak-balik dengan tusuk knit. Saya terus merajut hingga sepanjang telapak kaki saya. Lalu saya akhiri rajutan (Ingg.: bind off) dengan cara merajut dua sekaligus. Istilah rajut knitting dalam bahasa Inggrisnya adalah K2tog (knit 2 together). Setelah itu hasil bind off dijahit selip dan ditarik serut serapat mungkin. Selop kamar yang saya buat tidak bisa saya tarik serut sampai rapat sekali sebab benang yang saya gunakan mudah tertarik dan putus. Jadi ya saya tarik serut sekadarnya saja. Maka dari itu bagian depan selop tersebut seperti mulut bayi melongo. Cute!

DSCF7041-editedDari pertemuan kedua sisi yang ditarik serut itu kemudian dijahit selip sampai mencapai pertengahan sisi selanjutnya. Lalu matikan jahit selipnya dan mulailah menjahit sisi tumit dengan teknik jahit selip dan matikan jahit selipnya bila sudah selesai. Balikkan agar sisi dalam menjadi sisi luar supaya hasil jahitan tidak tampak dari luar. Selesailah satu buah selop kamar.

Kemudian saya menjahit satu lembar pola empat persegi panjang nyaris bujur sangkar itu satu lagi. Tentu saja supaya si selop yang sudah jadi punya pasangannya. Caranya persis sama.

Voila!

selop rajut collage 01Dan sepasang selop kamar itu terlalu besar untuk kaki saya. Jadilah selop kamar itu berpindah pemilik. R!

Mendadak kaki R yang berukuran 46 jadi kelihatan imut. Soalnya selop kamarnya warna jambon pupus banget. Ahahahaa…

selop rajut collage 02Saya sendiri tetap berniat untuk membuat sepasang selop kamar untuk sendiri. Dan nanti saya akan mengikuti instruksi si pemberi pola dengan patuh. Membuat tusuk awal sebanyak 28 buah dengan menggunakan benang dan jarum rajut yang sama. Kalau anda menggunakan jarum rajut 4 mm pasti hasilnya juga nyaris sama. Sedikit lebih rapat. Mungkin malah jadi lebih cantik.

* * * * * * *

One comment

  1. […] posting tentang kegiatan merajut ini terjadi di bulan november tahun lalu. Tentang usaha membuat selop rajut sederhana. Setelah itu saya mencoba membuat kaos kaki versi serius. Maksudnya yang juga melibatkan teknik […]

Leave a Reply

