proyek gelombang pasir

Sejak beberapa bulan yang lalu saya sibuk mengerjakan proyek merajut (knitting) dengan teknik kabel. Teknik rajut kabel yang kali ini belum pernah saya buat. Jadi bisa dibilang proyek kali ini adalah proyek coba-coba. Nama teknik kabel yang sedang saya kerjakan kali ini bernama teknik rajut kabel gelombang pasir.

Kok?!

Sebab teknik merajut kabel ini menghasilkan motif yang menyerupai motif gelombang pasir, khususnya motif gelombang pasir di gurun-gurun pasir yang terjadi akibat hembusan angin.

contoh motif gelombang pasirnya bisa dilihat di foto berjudul Patterns in The Sand di blog Marty Cohen Photography.

Proyek rajut kabel gelombang pasir ini belum jauh dari selesai. Rencananya ingin saya jadikan syal lilit. Jadi harus cukup panjang untuk bisa melilit menutupi bagian seputar pundak. Dan pengerjaannya sempat terbengkalai sekitar 2-3 bulan. Baru saya lanjutkan lagi kira-kira tiga minggu yang lalu. Itu pun bukannya tanpa halangan.

Karena sempat terbengkalai 2-3 bulan, saya jadi lupa sampai di mana. Jadi lumayan bingung juga ketika hendak mulai lagi. Melanjutkan pengerjaan si proyek. Dan karena melanjutkan dengan mengira-ngira saja, saya sempat membuat kesalahan. Itupun saya sadari setelah mengerjakan 21 baris. Aarrgghh… Itu berarti 3 kali motif kabel. Sebab proyek ini motif kabelnya saya buat setelah setiap 7 baris.

DSCF4801-edited

Sebenarnya kalau dilihat sekilas, kesalahannya tidak terlalu terlihat. Lebih-lebih kalau yang melihat bukan perajut. Sayangnya saya tahu. Sebab yang membuat kesalahan adalah saya sendiri. Dan saya bisa melihatnya. Setelah ragu-ragu selama dua hari, akhirnya saya memutuskan untuk membongkar 21 baris rajutan itu. Hiksss…

DSCF5064-edited

Sekarang saya sudah kembali ke jalan yang benar… Ahahahaa… tapi masih jauuhhh dari selesai. Tapi sejak tiga minggu yang lalu saya kerjakan rutin walaupun kemajuannya lambat sekali.

Semangat!!

* * * * * * *

2 comments

  1. saya Nandang Prasojo (45 th), from Jepara ( kota ukir ), Central Java, Indonesia. Senang sekali membaca tulisan mbak Retno. rasanya seperti sedang berhadapan dengan seseorang yang sudah lama kenal dan biasa bercerita, tapi yang ini menariknya banyak tentang Nederland, ini asyik. saya membaca tulisan mbak Retno, tapi baru sedikit. saya akan meluangkan waktu membaca blog ini, untuk menambah pengetahuan saya, terima kasih…, Mbak Retno.

    1. halo Nandang Prasojo,

      terima kasih sudah mampir, baca2 tulisan di blog Hujan Tengah Hari ini dan menyempatkan menulis kesan/pesan.

      salam,
      Retno.

Leave a Reply

