bosan

Bosan itu manusiawi. Dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Kadang-kadang termasuk ketika seseorang melakukan apa yang sebenarnya disenangi atau bahkan dicintainya.

Petang tadi, seperti layaknya setiap jumat petang, saya mengajar tari. Saat saya tiba di ruang kelas murid saya sudah datang. Sedang duduk sambil menunggu saya. Entah mengapa saya melihat sesuatu yang berbeda padanya tadi itu. Sambil menyiapkan musik pengiring tari kami ngobrol ngalor ngidul. Lalu mulailah kelas.

Kalau boleh jujur, petang tadi itu murid saya sebenarnya tidak banyak melakukan kesalahan. Tapi hmm.. tidak seperti biasanya, kali ini tadi dia tidak tampak antusias. Dia menjalani kelas seperti tanpa gairah. Tapi saya tidak yakin dia sedang punya masalah.

Kalau dibilang saya sok tau, bisa juga. Tapi mengajar adalah satu cara untuk mengenal seseorang dengan baik. Saya belajar membaca kondisi psikologis dan mental si murid dari bahasa tubuhnya, yang makin hari makin saya kenal.

Petang tadi tampak murid saya tidak menikmati kelasnya. Tampak bosan.

Aha!

Ya, bosan.

Ini sangat mungkin terjadi. Walaupun murid saya begitu bergairah dalam mempelajari tari klasik yang satu ini. Tapi dia tetap saja seorang manusia. Yang juga bisa merasa bosan. Bukan bosan belajar tari Kathak secara permanen. Tapi dia mengalami kebosanan sesaat. Kebosanan temporer.

Dulu saya juga mengalaminya. Sesekali. Dan kalau kebosanan sesaat ini sedang terjadi, saya menjalani kelas seperti robot. Mengikuti kelas hanya karena kewajiban. Supaya absensi tidak bolong. Sebab kan ada persentase minimal kehadiran yang harus dipenuhi untuk boleh ikut ujian akhir tahun. Dan dalam kasus murid saya, dia sudah bayar uang kursus. dan kalau dia tidak masuk, dia tidak akan mendapat ganti hari.

Ah, muridku, tidak apa. Bosan sesaat itu boleh banget. Jumat minggu depan datanglah dengan semangat dan gairah yang sudah kembali menjadi segar dan baru. Dan mari kembali menari sepenuh hati.

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: