ibu yang sibuk

Mami adalah panggilan sayang kami untuk seekor burung betina jenis black bird yang menjadi pengunjung tetap kebun belakang rumah kami. Entah sejak kapan dia mulai mampir di kebun belakang kami. Mungkin sejak saya mulai tinggal di Belanda sini, medio september 2005. Atau tidak lama sesudah itu. Walaupun masuk jenis black bird, tapi yang betina tidak berwarna hitam. Melainkan coklat gelap.

Saya suka sekali memotret Mami. Dia burung betina penuh gaya. Sangat percaya diri. Selalu asyik sibuk sendiri. Tapi juga senantiasa waspada. Sebab memang banyak kucing berkeliaran di sekitar rumah saya. Lumayan banyak tetangga yang memelihara kucing. Tapi para kucing tidak mendapat sambutan baik di area rumah kami. Karena kami melindungi para burung yang mampir numpang makan, numpang mandi atau sekadar numpang main di kebun belakang kami.

Kalau musim semi tiba, maka Mami akan punya momongan baru. Biasanya beberapa ekor sekaligus. Yang dia asuh sampai menjelang musim gugur tiba. Hingga anak-anaknya bisa mandiri. Tidak hanya sudah bisa terbang dengan mahir, tapi juga sudah bisa mencari makan sendiri.

Berikut adalah tiga foto Mami saat sedang mengumpulkan potongan-potongan roti tawar yang sengaja kami sebar di kebun belakang. Kami memang memberi makan burung-burung liar dengan cara menyebar potongan-potongan roti tawar sisa. Daripada dibuang percuma lebih baik diberikan kepada burung-burung liar.

Nah, karena sekali punya anak bisa sampai 2-4, maka membawa potongan-potongan roti itu satu per satu ke sarang bukan pilihan yang bijaksana. Mau selesai ngasih makan jam berapa? Padahal Mami wanita karir yang jam terbangnya tinggi. Jadi kesibukan mencari makan untuk anak-anak harus dilakukan secara efisien. Misalnya seperti di bawah ini. :)

DSCF5918-edited

DSCF5919-edited

DSCF5920-edited

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: