kuis

Malam ini saya mengikuti satu acara di televisi sampai lupa waktu. Jadi kali ini pendek saja.

Saya dan R mengikuti The Nationale IQ Test 2014. Ini acara tahunan yang diselenggarakan oleh BNN di televisi. Kami biasa mengikuti secara aktif. Tidak hanya menonton, tapi juga ikut serta. Jadi kertas dan bolpen ya di tangan. Ikut menyimak dan menjawab. Menulis semua jawabannya di kertas. Setelah semua pertanyaan selesai dilontarkan kami ikut juga memeriksa jawabannya. Sambil sedikit misuh-misuh tentunya kalau jawaban kami salah. Tapi ah ya…. ini kan cuma buat iseng-iseng berhadiah, tebak-tebak buah manggis.

Buat saya pribadi sih mengikuti acara yang satu ini, dan juga beberapa kuis nasional yang lain, saya tujukan untuk menjajal kemampuan bahasa Belanda saya. Beberapa kuis nasional yang lain, antara lain ujian teori mengemudi dan dikte nasional. Saya memang hobi banget sama yang namanya kuis yang menguji kemampuan pengetahuan. Ada satu kuis favorit saya yang juga diselenggarakan secara rutin di televisi. Yakni Een Tegen Honderd. Satu Lawan Seratus. Acara yang satu ini selalu saya tunggu-tunggu. Ide dasarnya oke banget. Benar-benar menguji kemampuan pengetahuan, psikologis/mental maupun kecerdikan. Sebab kemampuan taktis dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan juga sangat vital.

Anyway, tes IQ nasional 2014 sudah lewat. Harus menunggu satu tahun lagi sebelum akhirnya saya dan R kembali duduk tekun di sofa depan teve sambil menggenggam secarik kertas dan bolpen. Jadi ingat masa sekolah dulu. Khususnya waktu ulangan dan ujian. Bedanya, kali ini kami melakukannya dengan senang. Tidak ada nilai, raport dan rangking yang mesti dikejar.

* * * * * * *

Leave a Reply

