tanda tanya dari masa kecil

Anda pernah nonton The Flintstones?

Film kartun yang satu ini salah satu film kartun favorit saya ketika kanak-kanak dulu. Sekarang, setelah usia saya lewat 40 tahun sesekali saya masih menyempatkan menontonnya. Diputar di saluran Boomerang. Ini terjadi kalau pas saya zapping dan sampai di saluran tersebut si film kartun sedang diputar. Jadilah nangkring, nonton karakter-karakter jaman batu ini sambil mengenang masa kecil.

Suatu malam, ketika saya sedang asyik menonton salah satu seri The Flintstones di Boomerang, tiba-tiba R nimbrung. Sejenak saja. Soalnya sudah habis. Tinggal adegan penutup yang juga menampilkan daftar nama para pembuat si film.¬†Sambil beranjak pergi, sebab serialnya sudah habis, R bilang gini, “Ngomong-ngomong saya nggak pernah ngerti loh adegan penutup yang satu ini. Ini nih maksudnya apa sih?” Sambil bilang begitu dia sambil menunjuk ke kaca layar teve. Berikut adalah foto adegan yang dia tunjuk itu.

2013-03-04 01.42.26-edited

Kontan saya ngakak sambil bilang, “Samaaaa!!”

Walaaahh… Kok bisa ya? Apa adegan spesifik di atas itu segitu nggak jelasnya sampai-sampai yang penuh tanda tanya bertahun-tahun ternyata nggak cuma saya. Ternyata R juga. Hayo, coba ngaku! Siapa lagi yang juga nggak ngerti maksud adegan di atas?

Selama ini yang saya pahami (ceileeh) keluarga Flintstones pergi memesan makanan di restoran burger sepulang menonton film di bioskop layar tancap ala jaman batu. Tapi kenapa yang dibawa si pelayan restauran malah kursi pantai yang bikin mobil jadi nggelimpang ke kiri itu ya? Ahahahaaa.. Bingung nggak lo?!

Yang jelas, setiap kali mencoba memahami maksud adegan di foto di atas itu dulu sewaktu kanak-kanak, nggak pernah sukses. Sebab tevenya cuma segede 14 inch. Mana keliatan? Kalaupun keliatan, mana ngerti? Kita kan anak Indonesia yang ketika itu nggak bisa berbahasa Inggris. Jadi bisanya ya cuma menikmati gambar-gambar adegan saja. Bisa mengerti jalannya cerita karena membaca terjemahan percakapannya dalam Bahasa Indonesia.

Sampai ke masa kini. Di malam ketika saya menonton serial itu dan R nimbrung di ujungnya sambil kemudian melontarkan pertanyaan masa kecilnya itu tadi. Lalu saya bilang ke dia, “Coba saya putar ulang adegan itu supaya bisa ngerti apa maksudnya.”

Yup! Ini salah satu keasyikan teknologi canggih masa kini. Nonton teve pun bisa distop, di-pause, seenak udel. Bisa juga diputar ulang. Bahasa Inggrisnya di-rewind. Dan kalau sudah distop/di-pause, bisa di-fast forward sampai dengan ke waktu aslinya, kalau-kalau ingin menghindari iklan yang suka ngeselin panjangnya.

Nah, adegan itu saya putar ulang dari beberapa saat sebelumnya, ketika keluarga Flintstones baru tiba di restoran. Ketika adegan “tiba di restoran” itu muncul lagi di layar teve kontan saya tekan tombol PAUSE di remote control. Dan ternyata beginilah gambar yang tampak.

2013-03-04 01.42.01-edited

Aha!

Jadi, bronto itu maksudnya brontosaurus. Ingat! Serial ini kan settingnya jaman batu, ketika para saurus masih berkeliaran. Dulu, saya kira Bronto itu nama pemilik kedai burger dan ribs di serial kartun itu. Dan tanda tanya jadi makin besar. Kenapa nama yang dipilih mirip-mirip nama Jawa ya? Tambah begok deh! Ternyata yang dipesan oleh Fred Flintstone adalah brontosaurus ribs! Rusuk brontosaurus. Gitu aja kok repot! Sekian dekade berlalu dan baru mudheng sekarang. Untung masih berkesempatan untuk mudheng. Dasar Jawa!!

Tapi percaya deh. Lega juga loh. Hihihi…

* * * * * * *

Leave a Reply

