dingin, demam dan pusing

Ahahahaa…. Tiga kata ini kombinasi yang pas bener untuk menggambarkan suhu udara di Belanda dan saya dua hari terakhir ini.  Ya, kemarin dan hari ini Belanda terasa dingin sekali. Padahal suhu udara masih di atas nol derajat Celsius.

Kemarin sih saya seharian mendekam di dalam rumah. Tidak ada keperluan untuk pergi ke luar. Walaupun pintu dan jendela dapur saya buka lebar-lebar untuk memberi kesempatan pada udara segar masuk, mengganti udara di dalam ruangan yang sudah menjadi kurang segar. Pendek kata, sirkulasi udara.

Hari ini, tadi pagi, saya pergi ke Arnhem. Ke perpustakaan dan ke pasar tradisional. Yak ampun. Buat saya udara di luar dingin amat. Brrrrr… Sampai saya harus menggunakan topi winter. Muts, bahasa Belanda-nya. Topi untuk melindungi kepala dan telinga dari hawa dingin.

Tapi walaupun sudah mengenakan muts, dan tentu pakaian tebal berlapis-lapis, tidak mempan juga. Di penghujung hari saya tetap kena serangan demam. Demam yang sangat khas. Demam ini selalu disertai dengan sakit kepala di sepanjang sisa hari. Yang anehnya, kedua telinga dan pipi selalu terasa panas. Sangat bisa jadi akibat serangan demamnya. Dan ini akan jadi makin parah kalau saya tidak tidak menutupi kedua telinga.

Kalau dulu, di tahun-tahun awal saya tinggal di Belanda, serangan demam dan sakit kepala ini berlangsung berlarut-larut. Entah kenapa. Dan jelas sangat mengganggu. Tapi dengan berjalannya sang waktu serangan ini bisa dibilang pendek saja. Bagaimanapun bodohnya tubuh saya belajar menghadapi serangan hawa dingin, tapi toh pelan-pelan pintar juga. Tidak hanya itu. Saya juga mulai bisa cuek. Puji Tuhan.

Satu hal yang pasti. Setiap kali mesti pergi ke luar rumah, saya harus membungkus diri rapat-rapat. Bahkan bagian kepala.

Yang paling mengesalkan adalah kalau saat berjalan dalam dingin di luar sana dengan tubuh berbalut pakaian berlapis-lapis bak lepet tiba-tiba saya melihat seseorang berjalan melenggang kangkung hanya dengan celana panjang denim (tentu saja) dan t’shirt lengan pendek!!!!

hoh???

Dan itu terjadi tadi pagi. Saat saya berjalan menuju perpustakaan. Ngeselin!!

* * * * * * *

Leave a Reply

