kabar lanjutan tentang kaca jendela mobil yang dipecah

Persis satu minggu yang lalu, jumat 10 januari, saya menulis tentang sebuah mobil yang kaca jendela depan sebelah kirinya dipecah orang tak dikenal. Itu terjadi di lapangan parkir gedung kegiatan masyarakat tempat saya mengajar tari.

Tadi petang saya mengajar tari, seperti biasa. Selesai mengajar saya dan R kebetulan berpapasan dengan si empunya mobil tersebut. Dia memang bekerja di gedung kegiatan masyarakat itu. Lalu tentu saja kami bertegur sapa, “halo, apa kabar”, seperti biasa. Dan tentu saja kami juga menanyakan kelanjutan kabar tentang mobilnya yang jendelanya dijebol orang itu.

Si ibu bilang malam itu dia langsung menelpon polisi. tapi polisi tidak datang ke TKP. Hmmm… jumlah polisi terlalu sedikit dan kasus-kasus kriminal semacam ini semakin sering terjadi, alias semakin banyak. Maka dinas kepolisian Belanda mesti membuat prioritas. Kasus-kasus yang membutuhkan kehadiran polisi adalah kecelakaan lalu lintas, terutama yang mengakibatkan luka. Juga kasus-kasus penggarongan, perkelahian dan vandalisme/pengrusakan. Jenis-jenis kasus tersebut adalah kasus-kasus yang dianggap membutuhkan kehadiran aparat kepolisian. Sementara kasus seperti yang dialami si ibu pegawai itu, atas saran staf polisi yang menerima pengaduannya lewat telpon, dilaporkan secara tertulis. Dalam hal ini secara online, lewat situs dinas kepolisian. Jadi, untuk kasus-kasus seperti yang dialami ibu ini tujuan pelaporan tertulis ke dinas kepolisian hanyalah agar kasus ini masuk dalam catatan kepolisian. Tapi pihak kepolisian tidak melakukan tindakan lebih lanjut.

Kalau dipikir-pikir dan ditimbang-timbang, mana yang lebih baik untuk dilakukan? Kaca jendela mobil dipecah orang + lapor polisi (secara tertulis lewat formulir online dan toh polisi tidak akan datang) + bersusah-susah mengurus kemungkinan penggantian biaya perbaikan dengan pihak asuransi? Atau berhati-hati dan waspada dengan tidak meninggalkan barang apapun di dalam mobil, apapun itu?

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: