tatakan gelas: tutorial jahit 01

Seorang teman baik ingin belajar membuat dekorasi rumah sederhana dengan materi tekstil. Saya mengusulkan kepadanya untuk memanfaatkan pakaian-pakaian lama miliknya yang sudah tidak ingin dikenakan lagi. Dia suka sekali ide itu. Dan saya berjanji untuk membuatkan tutorial sederhana untuknya. Dan karena teman saya tidak punya mesin jahit, maka tutorial ini saya buat untuk membuat tatakan gelas dengan jahit tangan seluruhnya.

Tutorial ini adalah tentang bagaimana membuat tatakan gelas sederhana. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

1. katun polos yang cukup tebal
2. kain vilt untuk lapisan bagian dalam dengan warna yang senada dengan warna katun polos
3. benang sulam dengan warna kontras
4. jarum jahit dan jarum pentul
5. gunting kain dan gunting kertas
6. sepotong karton atau kertas yang agak tebal
7. jangkar untuk membuat pola lingkaran berdiameter 10 cm

Cara membuat tatakan gelas:

1. Buat pola tatakan gelas: gambar lingkaran berdiameter 10 cm pada sebuah karton atau kertas yang agak tebal dengan menggunakan jangkar. Gunting. Saya tidak punya jangkar. Jadi saya mencetak pola lingkaran dengan menggunakan mangkuk es krim yang diameternya 9,5 cm. Jadi saya tidak menggunakan karton/kertas pola untuk mencetak lingkaran pada kain.

DSCF4667-edited

DSCF4673-edited

2. Letakkan pola karton di atas kain kantun. Rekatkan karton pola dan kain katun dengan bantuan jarum pentul. Cetak pola tipis-tipis dengan bantuan pensil atau bolpen. Gunting kain yang telah dibuat polanya dengan gunting kain. Buat 2x. Lakukan hal yang sama dengan kain vilt. Buat 1x. Di atas saya menyarankan agar warna kain vilt atau kain pelapisnya senada dengan kain katun polos yang digunakan. Tapi kebetulan di rumah saya tidak memiliki kain vilt dengan warna yang senada dengan kain katun. Jadi saya menggunakan bahan-bahan seadanya saja.

DSCF4675-edited

DSCF4676-edited

3. Ambil satu bagian kain katun. Gambari sisi luarnya dengan gambar pola hati atau sesuai selera untuk dekorasi.

DSCF4678-edited

DSCF4679-edited

4. Tumpuk kain katun yang telah digambari dengan kain vilt. Bagian dalam katun menempel pada kain vilt. Satukan dengan bantuan jarum pentul. Usahakan menyematkan jarum pentul di luar gambar dekorasi hati yang telah dibuat.

DSCF4681-edited

5. Jahit bagian gambar dekorasi dengan tusuk jelujur dengan menggunakan jarum jahit dan benang sulam. Gunakan 2 lembar benang bersamaan untuk menghasilkan jahitan yang cukup tebal. Bila suka bisa menjahit gambar dekorasi beberapa lapis dengan tusuk jelujur. Jumlah lapisan sebaiknya berjumlah ganjil: 1-3-5 dst. Cara menjahit tusuk jelujur bisa dilihat di sini.

DSCF4682-edited

DSCF4684-edited

DSCF4686-edited

6. Setelah gambar dekorasi tatakan gelas selesai dijahit dengan tusuk jelujur dan jahitan dimatikan di bagian belakang/dibagian kain vilt/pelapis, satukan potongan kain katun kedua, menutupi kain vilt/pelapis. Lalu sematkan jarum pentul.

7. Jahit bagian pinggir tatakan dengan tusuk feston. Tusuk feston ini dikenal juga dengan nama tusuk pagar sebab bentuknya menyerupai bentuk pagar sederhana. Cara menjahit tusuk feston ini bisa dilihat di sini.

DSCF4688-edited

DSCF4690-edited

DSCF4696-edited

Setelah selesai menjahit bagian tepi tatakan gelas dengan tusuk feston, maka selesailah pengerjaan tatakan gelas. Dan tatakan gelas baru ini siap digunakan.

DSCF4704-edited

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: