Lagi-lagi saya telat mengupload tulisan di blog Hujan Tengah Hari ini. Parah. Kali ini bukan karena saya bermalas-malasan, bermain games di internet. Tapi karena terlalu asyik mengedit dan memeriksa ulang, lagi dan lagi, tulisan di bawah ini. Baru setelah merasa puas, saya mempublikasikannya. Tanpa menyadari bahwa jarum jam sudah melewati angka 12. Maka kali ini telat 8 menitlah saya. Aarrgghh…

Anyway, inilah tulisan saya untuk tanggal 15 januari 2014.

==========================================

Kira-kira seminggu yang lalu saya menonton Inside The Actor Studio. Bintang tamu saat itu adalah Goldie Hawn. Di akhir wawancara, seperti tradisi acara ini, diadakan tanya-jawab antara mahasiswa-mahasiswa seni akting dan si bintang tamu, Goldie Hawn.

Saya sudah lupa apa pertanyaan yang diajukan oleh seorang mahasiwa. Tapi di saat Goldie Hawn menjawab pertanyaan si mahasiswa, dia menjawab dengan sangat serius. Dan kemudian dia mengatakan satu hal yang bagi saya sangat benar adanya. Pernyataan Goldie Hawn itu adalah sebagai berikut: “creating is a very solitary act. It’s very lonely…”

Kalau saya mendengar apa yang dikatakannya sebelum 2011 pasti saya tidak mampu memahami sepenuhnya maksud si bintang film tenar ini. Namun tahun 2011 adalah tahun ketika saya mulai memberanikan diri untuk mencipta. Membuat komposisi tari. Walaupun skalanya sangat kecil, tapi tetap saja mencipta.

Musik yang saya pilih hanya berdurasi sedikit 3 menit dan 30 detik. Sangat pendek. Tapi ketika mencipta, dari tiada menjadi ada, 3 menit 30 menit itu menjadi demikian panjang. Tidak hanya itu, tapi juga sangat melelahkan secara fisik serta menguras emosi.

Saat-saat mencipta, membuat komposisi itu, saya merasa betapa sendirinya saya. Tidak ada teman atau orang yang bisa saya ajak berdiskusi dan bertukar pikiran, dan kepada siapa saya bisa meminta saran dan pendapat. Bahkan tidak juga R. Kalaupun ada, misalnya guru saya atay teman-teman tari saya, mungkin saya tidak mau juga. Semua saya lakukan, tangani dan hadapi sendiri. Dan membuat komposisi itu adalah pengalaman pertama saya. Saya menyikapinya dengan amat serius. Sangat pribadi.

Bisa saya bilang proses menciptakan dan merangkai gerakan-gerakannya hanya sebentar saja. Satu bulan, sampai benar-benar final saat saya merasa puas. Namun untuk sampai mendapatkan ide akan gerakan-gerakan itu perjalanannya bagi saya sungguh panjang. Perjalanan yang saya mulai dua tahun sebelum akhirnya saya memberanikan diri untuk tegak berdiri dan mulai merangkai gerakan-gerakan itu menjadi komposisi tari yang utuh.

Bagaimanapun melelahkannya proses mencipta komposisi pertama itu bagi saya, fisik dan mental, begitu banyak hal yang saya pelajari. Hal paling penting yang saya pelajari adalah mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Begitu banyak kejutan. Belajar menghadapi getir dan sepi dalam bentuk yang selama ini tidak pernah saya kenal. Tapi saya bohong kalau saya bilang tidak menikmati proses ini. Sebaliknya, saya amat sangat menikmatinya. Seolah-olah saya berada di sebuah dunia yang lain. Dunia yang asing. Yang hanya saya yang menjadi penduduknya untuk menikmati segalanya. Dan setelah proses mencipta ini selesai dan saya kembali ke dunia nyata, saya ingin kembali mengalaminya. Sebab ternyata pengalaman menjalani keseluruhan proses penciptaan ini begitu memanggil.

Dan sungguh benarlah adanya perkataan Goldie Hawn. Dan biarlah saya mengutipkannya secara lengkap untuk anda juga.

“Creating is a very solitary act. It’s very lonely. You think nobody’s gonna hear you… until someone does. And then they do. And then you worry the next time. What keeps you alive is creativity. That’s the life force. That can’t leave you. You mustn’t ever allow that to leave you. You’ll be up and down, but i’ll just say this much. Take your ego and put it over here (aside) and just witness. Dont be it. Dont be a failure. Dont be not perfect. Just witness your behaviour. Witness your feelings. Those would change…. as everything does.” -Goldie Hawn-

* * * * * * *

Leave a Reply

