musik ciamik di pasar jumat

Tadi pagi, seperti biasa, saya pergi ke pasar di Arnhem. Pasar Jumat. Pasarnya terletak di salah satu pojok di bagian belakang pusat perbelanjaan utama di ibukota propinsi Gelderland ini. Seperti biasa, saya juga melewati gedung bekas perpustakaan. Saat mendekati gedung tersebut lamat-lamat saya mendengar musik klasik. Awalnya saya kira salah satu cafe yang ada di situ memutar CD musik klasik dengan volume keras. Tapi kemudian saya melihat sekelompok orang berdiri menghadap ke satu pojok. Ternyata di pojok itu duduk beberapa pemusik, memainkan satu nomor musik klasik. Waduh… ini kado natal yang diijon untuk semua orang di situ.

2013-12-13 11.23.21-editedKelompok ini asyik. Sayang saya tidak tahu nama kelompoknya. Menyesal tadi tidak bertanya. Padahal mereka juga menjual album dalam bentuk CD. Yang jelas saya tahu, mereka bukan pemusik Belanda. Kalau dari aksennya saya menduga mereka berasal dari daerah Eropa Timur.

Sayang saya sampai di pasar sudah agak siang. Pukul sebelas. Dan cuma kebagian dua nomor. Nomor pertama yang saya dengar juga tidak lengkap. Hanya buntutnya saja. Namun nomor terakhir yang mereka mainkan saya anggap sebagai kado Natal. Untuk orang-orang di pasar tadi pagi yang berdiri dalam hening menikmati. Juga untuk saya. Canon in D oleh Johann Pachelbel. Nomor favorit saya sepanjang hidup sejak usia saya memasuki tahun ke-16. Ini ada cerita tersendiri. Mungkin di postingan tulisan yang berikut.

Si pemain biola begitu menghayati setiap notasi yang dia mainkan. Sangat menyentuh. Anda tau? Hal-hal seperti ini tak bisa dilukiskan dengan kata. Anda harus melihat dan mengalaminya sendiri. Saya beruntung. Alih-alih pergi berbelanja ke pasar, eh diberi bonus boleh menikmati musik indah syahdu di hari jumat menjelang siang bulan Desember yang dingin namun cerah ini. Ini yang namanya nikmat Tuhan, bukan?

Indahnya hidup. :)

2013-12-13 11.29.18-edited

2013-12-13 11.29.24-edited

* * * * * * *

Leave a Reply

