proyek 01 dan proyek 02: selesai + proyek 03 !!

SELAMAT TAHUN BARU 2013!!!

Semoga kita semua penuh semangat yang positif menjalani 2013 ini.

Di penghujung 2012 kemarin ini saya memulai lagi kegiatan rajut merajut yang sempat terhenti dua tahun lamanya. Dan langsung merasa nyaman.

Sebagai pemanasan, saya mengerjakan proyek 01. Berupa syal musim dingin untuk Ron, suami saya. Saya menggunakan benang produksi Schachenmayr jenis Boston tipe bulky 5 dengan tipe warna sisal (00004). Benang ini terbuat dari campuran polyacryl (70%) dan virgin wool (30%). Beratnya 50 gram dengan panjang 55 meter per gelondong. Ideal untuk jarum rajut 7-8 mm.

Syal untuk Ron ini saya rajut dengan motif lajur (ribbed) K2P3 (Knit 2 Purl 3). Hasil akhirnya mencapai panjang 172 cm dan lebar 22,5 cm dan membutuhkan 7 gelondong benang.

DSCF9979-edited

Ketika belum lagi selesai merajut syal winter ini, benang sempat habis dan kehabisan stok juga di toko tempat saya membeli. Daripada menganggur waktu yang ada saya gunakan untuk merajut proyek 02. Cowl. Tentu saja untuk saya.

Cowl ini saya buat dengan menggabungkan dua warna dari jenis benang yang sama: Royal yang 100% polyacryl. Warna krem (03) dan merah gelap (29). Per gelondongnya seberat 100 gram dengan panjang 241 meter.

Hasil akhirnya mencapai panjang melingkar 145 cm dan tinggi 28 cm. Bisa dililitkan dua kali. Jadi hangat. Dan bahkan bisa dikerudungkan juga untuk melindungi kepala dan telinga dari angin dingin. Ini kalau kebetulan lupa membawa atau mengenakan topi winter.

DSCF9983-edited

Ngomong-ngomong soal topi winter, setelah syal winter untuk Ron dan cowl untuk saya selesai, kemudian saya membuat topi winter untuk Ron. Ini proyek 03. Saya menggunakan benang yang sama persis dengan yang saya pakai untuk membuat syal. Ceritanya saya ingin membuat satu set. Gitu.

Ini kali pertama saya merajut topi. Berbeda dengan membuat topi dengan cara merenda (hakken/crochet), membuat topi dengan cara merajut membutuhkan sepasang jarum rajut yang tersambung satu sama lain dengan benang/tali nylon. Dalam bahasa Inggrisnya biasa disebut circular needles. Bisa juga menggunakan jarum berujung dua (double-pointed needles). Bisa empat buah, bisa juga 5 buah. Yang terakhir ini saya belum pernah mencoba. Akan. Segera.

DSCF9980-editedTopi winter untuk Ron saya rajut dengan circular needles 5 mm dengan panjang tali nylonnya 40 cm. Ini yang terpendek.

Satu hal yang perlu diingat kalau ingin merajut topi dengan menggunakan circular needles yaitu gunakan jarum rajut yang tali nylon penyambungnya lebih pendek daripada lingkar kepala untuk siapa topi hendak dibuat. Lingkar kepala orang dewasa pasti di atas 50 cm. Jadi circular needles dengan tali nylon penyambung 40 cm bisa digunakan.

Mengapa? Sebab bila tali penyambungnya lebih panjang dari lingkar kepala maka hasil akhir topi akan seperti tertarik-tarik. Jadi, kalau lingkar kepala lebih pendek dari panjang tali penyambung jarum rajut, lebih baik merajut topi dengan menggunakan jarum rajut berujung dua. Bila menggunakan empat buah jarum, maka jumlah cast-on stitchnya dibagi tiga sama rata untuk tiga jarum dan gunakan jarum keempat untuk merajut. Bila menggunakan lima jarum, maka jumlah cast-on stitchnya dibagi empat sama rata untuk empat jarum dan gunakan jarum kelima untuk merajut.

Eniwei, biasanya jarum rajut berujung dua ini digunakan untuk merajut topi bayi atau anak. Walaupun tentu bisa juga digunakan untuk merajut topi dewasa.

DSCF9981-edited

Topi winter untuk Ron saya rajut dengan motif lajur (ribbed) juga (K2P3), menyamakan dengan syalnya. Kan biar satu set. Dan ketika akhirnya selesai, wuiihh.. senang!! Soalnya selama ini saya memang bertanya-tanya, gimana sih caranya merajut topi. Kok keliatannya susah bener. Ternyata nggak susah. Dan… o ya, untuk membuatnya saya cuma butuh dua gelondong benang. Dikerjain seharian jadi. Yihaa..!

* * * * * * *

Leave a Reply

