Proyek 01 dan Proyek 02

Tempo hari saya menulis tentang kegiatan tambahan yang saya kerjakan di musim dingin. Merajut. Dan proyek pertama saya di musim dingin 2012/2013 ini adalah merajut syal winter untuk Ron.

Proyek ini sempat terhambat hampir seminggu lamanya akibat benang yang habis. Waktu hendak mengerjakan proyek ini saya hanya membeli dua gelondong benang. Bodoh ya?! Wong sudah tau akan merajut syal winter kok beli benang cuma dua gelondong. Mana beratnya cuma @50 gram. Dan tipe bulky pula. Dan satu gelondong benang seberat 50 gram itu cuma sepanjang 55 meter.

Waktu di toko benang itu saya lihat stoknya masih lumayan banyak. Jadi saya pikir, “Ah… nanti bisa mampir lagi untuk membeli kalau kedua gelondong benang ini sudah selesai saya rajut.” Dan ini pikiran yang salah!! Ketika saya kembali ke toko yang sama untuk membeli lagi benang yang sama, stoknya tinggal dua gelondong. Padahal saya masih membutuhkan 5 gelondong lagi untuk menyelesaikan syal winter untuk Ron, suami saya.

*Nangis*

Dua gelondong benang yang masih tersisa di toko tersebut tetap saya beli. Selebihnya?? Panik!

Tak lama setelah tiba kembali di rumah saya mulai melanjutkan merajut si syal winter. Percaya atau tidak, jari jemari saya sudah makin mahir menangani benang dan jarum rajut. Jadi kerja merajut saya juga makin cepat. Awalnya satu gelondong benang saya selesaikan dalam dua hari penuh. Sekarang dalam satu hari saya sudah mampu merajut hampir dua gelondong benang. Kerapihan hasil rajutan pun bisa tetap saya jaga. Senang deh. Tapi dua gelondong ekstra yang saya beli di toko yang sama segera habis saya kerjakan. Lalu?

Untung Ron menemukan benang yang sama bisa dipesan secara online. Jadilah kami memesan si benang secara online. Kami memesan 5 gelondong. Yang tiga akan saya pakai untuk menyelesaikan proyek 01: syal winter untuk Ron. Dua sisanya akan saya gunakan untuk membuat proyek 03 saya: topi winter untuk Ron. Jadi nantinya si benang akan menjadi satu set syal-topi winter… :)

Nah, selama hampir seminggu terhambat menyelesaikan merajut syal winter untuk Ron ini, saya menggunakan waktu luang untuk mengerjakan rajutan lain. Kerjaan rajutan lain ini saya beri nama proyek 02. Berupa cowl.

Cowl ini sejenis syal winter. Bisa untuk perempuan, bisa untuk laki-laki. Tergantung motif/desainnya. Cowl adalah sejenis syal yang berbentuk melingkar. Tak berujung. Lingkarannya bisa panjang, hingga bisa dililit dua kali melingkari leher. Bisa juga tidak panjang dan hanya melingkar satu kali. Yang sedang saya kerjakan adalah cowl untuk perempuan. Untuk saya. Dan lingkarannya sengaja saya buat tidak panjang. Hanya akan bisa melingkar satu kali dengan sedikit sisa. Sehingga tidak terlalu ngepas melingkari leher saya.

Cowl ini saya buat dari benang dari bahan sintetis akrilik 100%. Benangnya tipis. Saya menggunakan dua macam warna, merah tua dan broken white. Kedua warna ini saya pilih mungkin dengan alasan yang agak sentimental. Natal kian dekat menjelang. Kedua warna ini (tentu bersama warna hijau tua) menjadi warna inti khas Natal. Nah, kedua benang ini saya rajut bersama hingga menghasilkan paduan motif warna yang kalau diperhatikan secara serius bisa membuat mata berkunang-kunang.. hahahaha… Tapi saya senang dan semangat sekali mengerjakannya.

DSCF9720-edited

Untuk mengerjakan cowl ini saya menggunakan teknik rajut dua jarum yang sudah lebih sulit ketimbang teknik rajut yang saya gunakan untuk membuat proyek 01 (syal winter untuk Ron). Kalau proyek 01 saya menggunakan teknik stockinette stitch: knit – purl dengan motif lajur 2 – 3 : K2 — P3, maka proyek 02 berupa cowl ini saya kerjakan dengan menerapkan motif kabel. Tapi tentu saja motif kabel yang saya terapkan masih motif kabel yang paling sederhana. Dan tetap dengan teknik stockinette stitch: knit – purl dengan motif lajur vertikal 6 – 4 : K6 — P4. Nah, lajur knit inilah yang saya modifikasi menjadi lajur kabel. Dan supaya tidak bosan dan untuk memperdalam ketrampilan, saya membuat motif kabel ini dalam dua versi secara berselang-seling, ke kanan dan ke kiri. Sayangnya dua warna benang yang saya rajut menjadi satu itu membuat motif ini jadi sulit terlihat dengan jelas. Pasti akan jauh lebih jelas terlihat kalau saya mengerjakan cowl ini hanya dengan satu warna. O ya, jarum rajut yang saya gunakan adalah jarum rajut dengan koneksi.

DSCF9718-edited

Jari-jari saya yang sudah melakukan pemanasan ketika sedang mengerjakan proyek 01 jadi cepat ketika mengerjakan cowl ini. Bagian pengerjaan cowl yang memperlambat ritme kerja saya adalah bagian di mana saya sedang merajut kabelnya. Apalagi karena saya melakukannya berselang-seling, ke kanan dan ke kiri. Tapi setelah dua kali mengerjakan tahap kabel, saya juga makin mahir. Jadi saya bisa mengerjakan kabel tahap ketiga dan seterusnya dengan lebih cepat.

Practice makes perfection indeed!

Hanya saja, benang jenis akrilik, karena sifatnya sintetis, tidak elastis sama sekali. Jadi, menurut saya, pengerjaan cowl ini masih minim tingkat kerapihannya. Ini bila dilihat dari ketegangan penarikan benang yang sama sekali tidak elastis saat dirajut. Kadang terlalu kencang, kadang kendor. Tapi, lagi-lagi pepatah “alah bisa karena biasa” kembali berlaku. Setelah kabel tahap ketiga, feeling saya semakin jalan dan terlatih untuk mengira-ngira menarik-mengulur si benang. Jadi ketegangannya lebih terjaga. Hasil rajutan juga jadi lebih baik.

Lalu kejadian yang sama terulang. Dua malam yang lalu benang habis. Dan cowl belum selesai.

Gelodong benang merah tua — broken white yang saya beli memang lebih besar, @100 gram. Dan karena benangnya tipis, dengan berat @100 gram tentu saja panjangnya jauh melebihi benang yang saya pakai untuk membuat syal winter untuk Ron, proyek 01 saya itu. Kira-kira 240 meter. Untungnya benang yang saya gunakan untuk membuat cowl ini mudah didapat. Jadi saya tidak khawatir.

Untungnya, kemarin sore paket pesanan benang rajut untuk membuat proyek 01 saya tiba. Jadi saya tidak sempat manyun lama-lama. Tapi sekarang saya punya dua proyek yang dua-duanya masih on progress. Belum ada yang selesai. Hiks. Tapi tadi pagi jari-jari saya mulai sibuk lagi melanjutkan rajutan syal winter untuk Ron. Saya jamin pengerjaan syal ini sudah selesai besok malam. Tentu akan ada laporan akhirnya di blog Hujan Tengah Hari ini berikut fotonya… :)

* * * * * * *

Leave a Reply

