kemangi

Tanaman ini masuk dalam keluarga basil. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai lemon basil dan umum digunakan sebagai bumbu masakan di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Dalam dunia kuliner Indonesia, kemangi paling dikenal sebagai salah satu bumbu untuk membuat pepes ikan atau dimakan mentah bersama ketimun, tomat dan/atau kubis dan sambal sebagai lalapan. Tentu dengan lauk. Misalnya seperti ini:

Di Belanda saya bisa mengakses kemangi di toko oriental atau toko Asia. Dijual dalam plastik. Satu plastik berisi beberapa tangkai kemangi. Saya lupa harganya per bungkus karena jarang membeli.

Sudah beberapa tahun terakhir ini saya berusaha menanam kemangi dengan menyemai bijinya. Sayangnya selalu gagal. Entah kenapa. Yang jelas saya kecewa.

Musim semi tahun ini, 2012, saya mencoba menyemai biji kemangi lagi. Untuk yang kesekian kalinya.

Dan karena usaha menyemai biji kemangi ini selalu gagal, tidak ada satupun biji yang tumbuh, maka kali ini saya menyemai biji kemangi dalam jumlah ekstra banyak.

Sim Salabim. Abrakadabra. Ayo kemangi. Tumbuh! Tumbuh!

Entah mengapa, kali ini usaha saya sukses berat. Hampir semua biji yang saya sebar bertunas dan tumbuh. Kemangi attack!

Dengan perasaan yang campur aduk, senang plus panik, saya memindahkan bayi-bayi kemangi itu ke pot yang lebih besar. Ada beberapa yang saya tanam di lahan kebun belakang. Malah dua di antaranya saya berikan hak asuhnya kepada seorang teman baik. Semoga semua bayi kemangi itu bisa tumbuh subur.

Bila bayi-bayi kemangi ini nantinya tumbuh menjadi tanaman kemangi dewasa, maka bisa mulai dipetik/dipanen untuk digunakan sebagai bumbu masakan atau lalapan. Memanen tanaman kemangi dewasa harus dilakukan secara rutin. Ini dilakukan agar si kemangi tidak mulai memunculkan (bakal) bunga. Tanaman kemangi yang dibiarkan tumbuh tanpa dipanen rutin dan akhirnya menumbuhkan bunga, aroma daunnya akan sangat berkurang, cepat menjadi tua dan kurus, sebelum akhirnya mati.

Namun bila kita ingin memiliki benih/biji kemangi baru untuk musim tanam berikutnya, maka membiarkan tanaman kemangi memunculkan bunga justru dianjurkan. Bunga yang kemudian layu dan mengering itu kita petik dan dikeringkan lebih lanjut dengan cara diangin-anginkan di tempat yang kering dan teduh. Setelah itu batang bunga kemangi kering dibungkus dengan kertas koran dan disimpan di tempat yang kering.

Pada musim tanam berikutnya, batang yang penuh dengan bunga-bunga kecil kering itu dikeluarkan dari bungkusnya. Lalu diremas-remas dengan kedua telapak tangan di atas wadah semai berisi tanah. Siram dengan air secukupnya. Lalu tutup lagi dengan menaburkan tanah tipis-tipis ke atasnya. Waktu tunas biji kemangi ini berkisar antara 10-14 hari.

* * * * * * *

2 comments

  1. tobytall · · Reply

    aku mau kemangi. kapan kirim bibitnya? :( segera ya, kirim.

Leave a Reply

