basil

Kira-kira tiga minggu yang lalu saya membeli satu pot tanaman basil dari supermarket langganan. Waktu membeli saya pilih yang daun-daun basilnya paling sehat dan segar. Selama hampir dua minggu pertama keberadaan si basil di rumah, saya biarkan dia tumbuh di dalam pot. Potnya tidak terlalu kecil tapi juga tidak besar. Sedanglah.

Tapi semakin hari saya perhatikan tanah di pot basil itu semakin mudah menjadi kering. Ini pasti akar-akar basil sudah jadi terlalu banyak dan padat. Berarti zat makanan dalam tanah sudah nyaris habis diserap. Dan pasti tanahnya makin sedikit dan kering.

Saya berpikir untuk mengganti tanah si basil. Tapi kenapa tidak saya tanam di kebun belakang saja sekalian ya? Mumpung musim panas baru mulai. Lagian tanaman pot di dalam rumah yang harus saya urus jadi berkurang satu.

Itulah yang saya lakukan. Si basil berpindah dari pot kecil di dalam rumah ke pot tanah liat besar di kebun belakang. Dia berbagi ruang dengan seledri yang juga mulai bagus tumbuhnya.

Tapi sejak kamis minggu lalu cuaca mulai buruk lagi. Awal-awalnya cuma mendung saja. Hujan.

Nah… Menurut petunjuk cara bertanam basil yang saya dulu baca dari beberapa situs berkebun di internet, ternyata tanaman basil memang tidak tahan air. Jadi kalau hendak menyiram, air harus diarahkan langsung ke tanah di pangkal batang. Tidak boleh diarahkan ke daun. Daun basil harus sesedikit mungkin terpapar air. Apalagi dalam jumlah banyak. Itu juga yang selalu saya lakukan.

Tapi ini kan hujan. Alam gitu loh. Masa sih mesti dipayungi? Tapi memang terbukti apa yang diinfokan di situs-situs itu benar adanya.

Beberapa daun tanaman basil saya mulai menghitam. Kasihan. Saya tidak tahu sampai kapan cuaca akan buruk. Hujan. Basah. Yang jelas saya harus menyelamatkan tanaman basil saya. Pot tanah liat berisi tanaman basil dan seledri itu saya pindahkan ke depan dapur. Di situ kering karena ada atapnya. Semoga kondisi tanaman basil saya bisa pulih kembali. Sehat dan segar seperti sediakala.

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: