tamu sore-sore

Senin yang lalu kami, suami saya dan saya, sedang nonton teve. Kalau tidak salah final pertandingan snooker dunia. Karena ketika itu hari masih sore, gorden tebal jendela kaca depan dan belakang masih kami biarkan tersingkap. Hanya gorden tipisnya yang tertutup agar orang-orang yang berlalu lalang di depan rumah tidak bisa melihat ke dalam, tapi kami masih bisa mengamati dunia luar, walaupun serba kabur. Ini memberi kami sedikit keleluasaan pribadi. Dan tentu saja jadi menghemat listrik karena cahaya matahari tetap bisa masuk, memberi terang di dalam ruangan.

Sedang asyik-asyiknya menonton, tiba-tiba suami saya menoleh ke arah jendela, berdiri, menyingkapkan gorden tipisnya untuk melihat ke luar dengan lebih baik. Lalu dia tertawa sambil geleng-geleng kepala.

Ada apa sih?

Dia melambai ke arah saya, menyuruh saya ikut melihat ke luar. Saya berdiri dan menghampirinya. Dia menunjuk ke arah taman depan rumah salah seorang tetangga kami. Taman depan si tetangga itu ditanami rumput. Dan di antara helai-helai rumput yang mulai meninggi itu terlihat sesosok mahluk putih sedang menjelajah. Hahaha… Bebek putih.

Duuuhh… itu bebek kenapa juga nyasar ke situ sih?

Dia kan mestinya asyik berenang-renang di kali kecil di belakang rumah kami. Tapi dia tampak asyik menjelajahi taman depan si tetangga yang pasti rumputnya empuk mumbul-mumbul itu.

Kami kembali duduk menghadapi teve, meneruskan nonton snooker. Kadang seru. Kadang bikin lesu. Ronnie O”Sullivan memang tak terkalahkan kalau lagi “waras”. I admire his snooker playing!

Kira-kira setengah jam menonton, lalu jeda singkat. Kami kembali mengintip ke luar jendela, ingin tahu apakah si bebek itu masih menikmati penjelajahannya di taman depan tetangga. Eeeeee… iya loh! Malah sekarang pacarnya ikutan juga. Pacarnya berbulu coklat kelabu blirik-blirik.

* * * * *

Keesokan harinya, selasa, cuaca jelek. Malas kedinginan, malas kehujanan, malas keanginan, saya tinggal di rumah. Membaca novel sejarah yang saya pinjam dari perpustakaan. Capek membaca, saya ke dapur, bikin teh panas. Dingin-dingin begini kan enaknya minum teh panas. Sambil menunggu suhu tehnya cukup bersahabat untuk disruput, saya menghampiri jendela depan, menyingkap gorden tipisnya sedikit dan melihat ke dunia luar.

Loohh.. si pasangan bebek yang kemarin itu lagi asyik berjalan-jalan melintasi depan rumah saya. Gaya mereka persis seperti orang yang sedang jalan-jalan santai sambil lihat kiri-kanan. Kocak banget.. :D

* * * * *

Kemarin saya sibuk menghabiskan waktu menyelesaikan membaca novel. Ceritanya menarik sekali. Yang jelas, pengetahuan saya jadi bertambah karenanya. Setelah akhirnya selesai, saya memutuskan untuk menonton teve, merintang-rintang waktu, menunggu suami saya pulang kerja. Saya akan menemani dia mengambil mobil yang sedang ditaruh di bengkel untuk pemeriksaan rutin tahunan. Seperti kebiasaan harian saya, sekali-sekali mengintip dunia luar dari jendela depan.

Eeeelooohhh… lagi-lagi si pasangan bebek. Bukan di taman depan tetangga. Bukan juga sedang melintasi jalan depan rumah. Kali ini mereka terlihat sedang menjelajahi taman depan saya!! Aduuhh.. Saya senang sekali kedatangan tamu agung begini. Saya langsung ke dapur untuk mengambil roti kemarin. Lalu saya buka pintu depan. Kedua bebek ini tidak takut. Cuma menoleh ke arah saya lalu meneruskan penjelajahan di taman depan yang sedang lumayan acak-acakan ditumbuhi tanaman liar.

Saya berjongkok di ambang pintu, menyapa mereka, “Hallo..!”, mulai mencabik-cabik roti tua dan kemudian menyebarkannya di paving block depan rumah. Mereka berjalan menghampiri remah-remah roti itu dan mulai memakannya dengan giat. Lapar ternyata.

Setelah kenyang, mereka pergi ke arah taman depan tetangga sebelah rumah saya. Merebahkan diri di pojokan yang paling dekat dengan taman depan rumah saya dan memejamkan mata.

Siesta!

* * * * * * *

Leave a Reply

