hari berkebun telanjang nasional

Hari ini adalah hari  pahlawan di Belanda. Saya tidak tahu apakah hari ini menjadi hari libur nasional atau tidak. Tidak pernah memperhatikan di tahun-tahun sebelum 2012. Maksud saya, sejak saya mulai tinggal di sini. Dan karena tahun ini hari pahlawan di Belanda jatuh pada hari sabtu, jadi saya masih tetap tidak tahu apakah hari pahlawan ini menjadi hari libur nasional. Sebab anak-anak sekolah dan kebanyakan kantor memang libur akhir pekan.

Kemarin malam saya sedang asyik berkutat mengedit beberapa foto di komputer suami saya. Suami saya menonton tv. Berita ringan. lebih bergaya feature ketimbang berita yang formal. Volume suara tv disetel lumayan keras hingga saya juga bisa ikutan mendengarkan dengan jelas berita yang sedang dibacakan oleh presenternya.

Lalu presenter memberitakan tentang hari pahlawan yang akan terjadi hari ini. Dia bilang, “Besok, tanggal 5 mei, adalah hari pahlawan. Tentu semua orang sudah tahu.” Lalu si presenter melanjutkan, “Tapi mungkin hanya sedikit orang yang tahu bahwa besok juga menjadi hari berkebun telanjang nasional di Belanda.”

Haahhh??

Ini baru berita!!

Kontan saya menghentikan kegiatan mengedit foto di komputer untuk mendengarkan lebih lanjut tentang hari peringatan yang unik ini. Suami saya terdengar tertawa-tawa. Saya jadi tambah ingin tahu. Saya beranjak meninggalkan meja komputer dan menuju ke depan tv. Ternyata saluran nasional NED 3.

Saya meraih remote control tv yang tergeletak di sofa, tidak jauh dari sudut suami saya duduk. Lalu menekan me-rewind dengan kecepatan sedang untuk mengulang berita menarik ini dari awal.

Iya! Tv di Belanda sini bisa di-rewind dan di-fast forward. Bisa juga di-pause. Oke banget kan?!

Saya menyimak ulang berita ini. Dari awal. Kali ini pakai visualisasi juga.

Terlihat si  reporter tv mewawancarai seorang bapak tua yang awalnya mengenakan kimono merah sambil membawa garu. Mereka berjalan menuju kebun si bapak. Si bapak akan memperagakan apa yang akan terjadi keesokan harinya… hari ini… sebagai hari berkebun telanjang nasional. Lalu sesaat sebelum memulai kegiatan membersihkan kebun si bapak melepaskan kimono merah yang dikenakannya. Voila!!

Dia telanjang bulat!

Lalu dengan serius dan tekun si bapak mulai membersihkan kebunnya dengan menggunakan garu.

Dan karena Belanda terkenal sebagai salah satu negara yang paling liberal soal seksualitas, maka setiap kali si bapak menghadap ke kamera tv dan “brokoli”-nya kelihatan ya tidak diburamkan. Semua serba gamblang. Tidak ada yang ditutup-tutupi.

Dan adegan yang gamblang tapi begitu wajar, alamiah, tersebut sama sekali tidak membuat jengah.

Si reporter bertanya lebih lanjut kepada si bapak, “Besok diramalkan cuaca akan buruk. Mendung dan berangin. Dan mungkin juga akan turun hujan. Lalu apakah Anda akan tetap berkebun dengan bertelanjang bulat seperti sekarang ini?” Si bapak menjawab, “Ya, saya juga mendengar tentang ramalan cuaca besok. Saya menyayangkannya. Tapi, tidak. Saya tidak akan nekat berkebun dengan bertelanjang bulat. Saya akan pakai baju lengkap plus baju hangat supaya tidak sakit.”

Syukurlah.

Sambil mengetik postingan ini, saya juga mencari berita di internet tentang hari berkebun telanjang nasional ini. Ternyata tanggal 5 mei  tidak hanya diperingati sebagai hari berkebun telanjang nasional di Belanda, tapi sebenarnya ditetapkan sebagai hari berkebun telanjang internasional.

World Naked Gardening Day.

Atau disingkat WNGD.

Ternyata tahun 2012 ini WNGD  diperingati untuk yang ke-7 kalinya. Demi menghargai para naturalis yang punya hobi berkebun. Dan ternyata kegiatan berkebun dengan bertelanjang bulat ini menjadi kegiatan yang paling digemari oleh para naturalis sesudah kegiatan berenang dengan bertelanjang bulat.

Menarik ya?! :)

Sayangnya, kenapa tanggal yang ditetapkan kok ya tanggal 5 mei. Hawa di awal mei di kebanyakan negara Eropa-Amerika kan hampir selalu masih terlalu dingin. bahkan untuk berpakaian bergaya minimalis di udara/alam terbuka. Kenapa tidak memilih satu tanggal di antara pertengahan Juni dan Agustus? Kan hawa sudah jauh lebih hangat dan bersahabat untuk melakukan kegiatan berkebun dengan bertelanjang bulat.

Mungkin patut dipertimbangkan ulang penetapan tanggal pelaksanaannya.

Selamat merayakan WNGD! Semoga tahun depan cuaca lebih bersahabat. :)

* * * * * * *

Leave a Reply

