musim semai telah tiba

Hari ini tanggal 16 April 2012. Musim semi telah lama dimulai, walaupun hari masih juga dingin. Tapi hawa dingin di luar sana tidak menghalangi semangat dan niat saya untuk mulai menyemai benih sayuran. Benih-benih itu butuh waktu untuk merekah dan bertunas. Dan selama itu pula waktu yang dibutuhkan oleh hari-hari dingin musim semi untuk perlahan menjadi hangat dan siap menyambut bibit-bibit semaian saya.

Tomat menjadi tanaman favorit kebun belakang yang tak akan pernah saya lewatkan untuk ditanam. Courgette atau zucchini juga. Tanaman yang satu ini cukup ditanam satu bibit saja dan hasilnya berlimpah ruah… asal sulur utamanya tidak digerogoti siput besar tak berumah. Selada aneka rupa juga tak ketinggalan akan saya jadikan edible decoration kebun belakang. Hhmmm.. apa lagi ya? O ya.. pare!!! Dan untuk kesekian kalinya saya akan menyebar biji-biji kemangi, bayam, kangkung darat, pepaya dan wortel.

Ada satu tanaman sayur yang akan menjadi pendatang baru di kebun belakang saya musim panas 2012 ini. Labu siam!! Saya bawa bibitnya dua buah dari Jakarta. Untuk sementara, mereka saya tanam dalam pot, sebab batang sulurnya sudah mulai tinggi. Mudah-mudahan bisa bagus tumbuhnya nanti.

* * * * * * *
Leave a Reply

