courgette/zucchini

Kemarin sore saya menengok-nengok kebun belakang. Ron, suami saya, juga sedang di situ, merokok. Satu per satu semua tanaman saya tengok dan perhatikan dengan seksama. Ketika sampai pada giliran courgette atau zucchini, saya perhatikan kok tidak ada calon bunga baru, lanang maupun betina. Saya bilang sama Ron, “It seems that this courgette plant stops growing new flowers and babies.” Ron membalas, “Yes, I have noticed that, too.”

Hhmmmm…

Lalu saya melanjutkan melihat dan memeriksa tanaman-tanaman lainnya.

Pagi ini tiba-tiba saya ingin membuat foto courgette. Ada tiga buah courgette. Yang satu sudah cukup besar untuk dipetik. Yang dua masih harus menunggu 2-3 hari. Saya ingin memotret sebelum saya memetik mereka. Dua kali jepretan.

Selesai memotret, saya masuk ke dalam rumah untuk mengupload foto-foto itu di komputer. Lalu salah satu foto hasil jepretan saya edit dengan menggunakan photoshop. Nah, ketika sedang mengedit foto itulah saya memperhatikan batang sulur tanaman courgette yang tertangkap dalam foto.

Pantas saja tanaman courgette saya itu berhenti tumbuh lebih lanjut. Tidak lagi menghasilkan tunas daun, bunga dan bakal buah baru. Ujung sulurnya tidak ada lagi. Habis! Tampaknya dimakan atau digerogoti oleh mahluk malam. Kemungkinan besarnya oleh siput.

:'(

Leave a Reply

