jalan kaki 4 hari khas Nijmegen


Nijmegen adalah sebuah kota besar di Provinsi Gelderland, Belanda. Terkenal sebagai salah satu kota tertua di Belanda. Hal lain: terkenal sebagai kota penyelenggara event internasional akbar. Jalan Empat Hari.

Tahun ini, 2011, Nijmeegse Vierdaagse Lopen terselenggara untuk yang ke-95 kalinya. Sebuah prestasi yang bukan main-main. Tidak hanya untuk si kota, tapi juga untuk sebagian pesertanya. Bagaimana tidak? Banyak peserta yang menjadi langganan event ini. Beberapa di antara mereka tahun ini akan melakoninya untuk yang ke-50 kalinya!!!

Karena bersifat internasional, pesertanya tentu saja dari dalam dan luar negeri Belanda. Tidak sedikit peserta internasional yang mengikuti acara ini lebih dari sekali. Selain itu anggota korps AD, AL, AU dan Kepolisian dari seluruh penjuru dunia juga tidak ketinggalan. Mereka turut serta dalam kelompok, berikut seragam dan segala atributnya yang tentu saja berat itu. Peserta umum dari luar Belanda biasanya juga membawa dan melambaikan bendera negaranya asalnya masing-masing dengan penuh bangga.

Event ini terbagi atas tiga kelompok peserta berdasarkan usia: kelompok 30 km, 40 km dan 50 km. Kalau saya ikut, saya akan masuk dalam kelompok usia yang harus melakoni minimal 40 km. Ini jarak tempuh wajib. Kalau punya stamina yang prima, boleh juga mengikuti yang 50 km. Tapi tidak kurang dari 40 km. Dan jarak jalan kaki itu mesti dilakoni tuntas setiap hari selama empat hari berturut-turut. Tentu di tempat-tempat tertentu para peserta harus menyerahkan/mengambil tanda bukti bahwa mereka sudah sukses melewati pos-pos yang ditetapkan. Di penghujung hari setiap harinya tanda bukti ini akan diperiksa kesahannya.

Jadi, kalau saya ikut, saya harus tuntas melakoni jalan kaki itu 4 x 40 km. Atau 4 x 50 km, kalau saya mau sok kuat.

Di akhir hari keempat para peserta yang sukses melakoni jalan kaki empat hari ini akan menerima medali berbentuk tanda silang atau salib, walaupun tak ada hubungannya sama sekali dengan kristianitas. selain itu, pinggir kanan dan kiri sepanjang jalan menjelang garis akhir akan dipenuhi oleh anggota keluarga, kerabat dan handai taulan yang ingin menjadi saksi hidup semangat membara dan kesuksesan para peserta. Tentu saja mereka tak lupa membawa bunga yang menjadi simbol event terkenal ini: bunga gladiol. Jalan di mana garis akhir berada, apapun nama jalan itu sehari-harinya, selama event Nijmeegse Vierdaagse Lopen ini berlangsung berubah nama menjadi Via Gladiola.

Selalu dimulai pada hari Selasa dan berakhir pada hari Jumat, event Nijmeegse Vierdaagse Lopen ini resmi dibuka pada hari Senin siang oleh walikota Nijmegen. Selama satu minggu penuh selama berlangsungnya acara, jalan-jalan protokol di dalam kota Nijmegen ditutup untuk kepentingan acara ini. Itu berarti jalur-jalur mobil dan bis umum mengalami perubahan. Sedangkan jadwal kereta yang menuju Nijmegen diperbanyak.

Event ini tentu saja tidak hanya melulu tentang jalan kaki yang empat hari itu. Event ini menjadi ajang pesta rakyat tahunan bagi penduduk Nijmegen pada khususnya dan bagi seluruh Belanda pada umumnya. Berbagai atraksi menarik digelar. tidak hanya di pusat kota, tapi juga di berbagai sudut jalan sepanjang rute tempuh jalan kaki. Berbagai stand makanan-minuman dan suvenir juga tentu tidak ketinggalan digelar. Pos-pos kesehatan apalagi, lengkap dengan sederetan mobil ambulans.

Hal lain yang tidak kalah menarik dari event ini adalah cukup banyak peserta yang mau repot-repot menggunakan berbagai macam kostum dan/atau atribut menarik, bahkan lucu.

Peserta yang terpaksa berhenti, tidak bisa menyelesaikan rute, karena berbagai sebab biasanya merasa kecewa. Ada yang sampai menangis segala. Bahkan kalau si peserta adalah anggota korps militer. Sebegitu memanggilnya event ini bagi para pesertanya!

Selamat berpesta, Nijmegen. “Semoga sukses” saya ucapkan bagi seluruh anggota panitia dan seluruh peserta. Satu kata: Salut!

Saya meminjam ketiga foto di atas dari sini, sini dan sini. Terima kasih.

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: