September Ceria

September telah memasuki hari ketujuh. Wahai… Cepatnya waktu berlalu!

Di negara Gulliver ini september sebenarnya secara tidak resmi masuk menjadi bagian musim gugur. Musim ketika daun-daun di pepohonan mulai berubah warna, menguning-memerah, untuk kemudian layu, kering dan akhirnya gugur, melayang jatuh ke tanah.

September adalah bulan ketika orang-orang mulai bersiap-siap menyibukkan diri, menghabiskan lebih banyak waktu di taman depan. Juga di kebun belakang. Tentu saja bagi mereka yang mencintai dan memiliki banyak tanaman. Dedaunan yang menguning, layu, kering dan akhirnya gugur harus disingkirkan dari taman dan kebun. Bebungaan yang tadinya menghias taman dan kebun kini mulai layu dan kering pula.

Inilah saatnya menyingsingkan lengan baju untuk bekerja di taman dan kebun. Memotong bunga, daun, dahan dan ranting kering. Melakukan hal ini berarti membuat tanaman tampak rapi kembali. Juga memberi kesempatan kepada si tanaman untuk merehabilitasi dan meregenerasi diri untuk tumbuh lagi di musim tumbuh berikutnya, yakni musim semi.

September adalah waktu yang tepat untuk mulai mengisi bak kompos bagi mereka yang memilikinya. Dedaunan, bebungaan, dahan-dahan dan ranting-ranting kering yang telah selesai dipotong bisa menjadi pengisi bak kompos tersebut. Bila melakukan hal ini berarti kita telah ikut berpartisipasi mengurus lingkungan hidup di sekitar kita. Sebab kompos adalah pupuk organik dan oleh karenanya ramah lingkungan. Bila kita melakukan hal ini berarti kita juga menolong kantong kita sendiri. Sebab kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli pupuk bagi tanaman-tanaman di taman dan kebun.

Bagi mereka yang suka bertanam sayur mayur, inilah saat mereka melakukan panen terakhir di kebun belakang rumah. Kentang dan bawang, paprika, cabai dan tomat, labu serta beberapa tanaman sayuran lainnya. Kentang sebaiknya dipanen di hari yang cerah dan hangat, dijemur di bawah sinar matahari selama satu jam atau dua sampai cukup kering sebelum akhirnya bisa disimpan dalam kantung kertas di tempat yang gelap.

Bawang dipanen sebelum hari-hari menjadi dingin. Hari yang dingin dan lembab membuat bawang yang telah masak di dalam tanah mulai tumbuh lagi. Juga sebaiknya dipanen di hari yang cerah dan hangat, dijemur selama beberapa hari di bawah terik sinar matahari sebelum akhirnya bisa tahan cukup lama untuk disimpan.

September juga waktu untuk melakukan panen tahap akhir buah-buahan: apel, pir dan raspberi. Bulan yang harinya berjumlah 30 ini juga waktu yang tepat untuk menanam bibit strawberry yang baru. Juga untuk mulai menancapkan siung-siung bawang putih di dalam tanah bagi para amateur vegetable growers. Kegiatan ini bisa dilakukan sampai pertengahan atau akhir november.

Bagi yang suka tanaman hias, mereka juga bisa mulai menanam berbagai tanaman hias yang tahan hidup di musim dingin (perennials), semisal, violet musim dingin (winter violet). Banyak orang juga memulai aktivitas menanam umbi-umbi bebungaan musim semi. Misalnya narcissus (bah. Inggris: dafodill ), crocus, tulip, hyacinth yang harum semerbak dan banyak lainnya. umbi dari bunga2 ini dapat ditanam di lahan di luar rumah atau di dalam pot di dalam rumah. Bila menanam di lahan luar rumah, Anda memiliki waktu hingga akhir november. Dan hingga akhir desember bila menanamnya di dalam pot sebagai tanaman dalam rumah. Atau mungkin Anda suka amarylis? Bila ya, Anda bisa mulai menanamnya juga di dalam pot sebagai tanaman dalam rumah karena amarylis bukan tanaman yang tahan dingin.

Nah, ternyata banyak juga kan yang bisa dilakukan di bulan september? Mungkin Anda bisa mulai menengok-nengok taman dan kebun Anda dan mengira-ngira apa yang bisa dilakukan di di sana. Bila ternyata cukup banyak, Anda bisa mencatatnya di buku agenda, menyisipkannya di antara aktivitas-aktivitas lain yang juga harus atau hendak dikerjakan.

Kalau ternyata hanya satu-dua saja yang perlu dilakukan sementara kegiatan lain juga tidak banyak, mungkin Anda bisa menggunakan waktu untuk berjalan-jalan ke pinggir sungai atau danau kecil di dekat rumah sambil membawa sisa-sisa roti. Di sana Anda bisa memberi makan itik-itik liar yang masih menikmati berenang-renang ria sebelum akhirnya mereka terbang bermigrasi ke daerah yang hangat di pertengahan musim gugur, sebelum kemudian hari-hari menjadi dingin dan beku.

* * * * * * *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: